Cari Blog Ini

Jumat, 11 Desember 2020

Pengertian Stres

Assalamu'alaiakum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Betapa banyak manusia yang mengalami gangguan jiwa yang mengakibatkan ketidakstabilan pada gangguan pikiran. Biasanya hal tersebut terjadi ketika adanya tekanan yang di dapat dari aktivitas yang tinggi. Misalnya saja seorang karyawan yang sedang di beri tugas yang banyak oleh atasannya, yang mana karyawan tersebut belum pernah menerima tugas sebanyak itu. Namun apa yang terjadi? Tentu saja karyawan tersebut dalam pikirannya akan timbul banyak pertanyaan yang negativ-negativ seperti, waduh banyak banget ini tugas ,mana gue juga lagi banyak kerjaan lagi,udahlah gue ngerjainnya dikit aja. Nah dari respon-respon di atas dapat di dapati makna dari ketidakstabilan gangguan pikirannya itu  sebut dengan stree. Untuk itu mari kita bahas makna yang sebenarnya arti dari stres.



Stres apaan sih?

Beberapa para ahli memberika pendapatnya masing - masing makna dari stress. Di antaranya :

1. Selye (1982 dalam Ali Maskum, 2008) menyatakan definisi stres sebagai respon non spesifik dari tubuh di setiap tuntutan. 

2. Robbins (2001) menyatakan bahwa stres merupakan suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai sesuatu kesempatan di mana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

3. Weinberg dan Gould (2003) mendefinisikan stres sebagai “a substantial imbalance between demand (physical and psychological) and response capability, under condition where failure to meet that demand has importance concequences”. Artinya, ada ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial.

4.Anoraga (dalam Anggraeni, 2003) berpendapat bahwa stres merupakan tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun secara mental terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam.

Dari hasil beberapa pendapat para ahli di atas, bisa di simpulkan stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini bisa muncul akibat adanya kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Cara mengatur stress 

Pada dasarnya manusia pasti selalu mengalami yang namanya stres. Namun tiap manusia mengalami tingkatan-tingkatan stres yang berbeda. Maka dari itu jika seseorang ingin bisa mengatur tingkat stres yang di dapat dapat di lakukan beberapa cara.Diantaranya :

1. Selalu berfikir positiv di setiap saat.Tanamkanlah dalam diri bahwa gue bisa mengatasi ini.
2. Sebisa mungkin menolak pekerjaan yang baru jika masih memiliki tugas yang belum selesai
3. Jangan terlalu banyak pikiran- pikiran yang negativ yang membuat pikiran gelisah
4. Jauhi orang yang membuat pikiran menjadi stres


Cara mengatur tingkat stress saat bekerja

Saat seorang karyawan bekerja di suatu perusahaan tentunya bakal menerima tugas-tugas yang tidak terduga dari atasanya yang membuat dirinya bakalan stres. Untuk itu perlu di lakukan pengelolaan tingkat stres pada setiap karyawan . Beberapa hal yang dapat di lakukan agar tingkat stres dapat di ringani.  

1. Fokus mengerjakan tugas-tugas yang biasa di lakukan pada setiap harinya.
2. Jangan menerima tugas-tugas yang baru yang bukan bidangnya
3. Saat bekerja pastikan selalu positiv , jangan terlalu banyak memikirkan apa yang nanti akan terjadi setelah ini.
4. Selalu berdoa sebelum bekerja,mintalah pertolongan kepada Allah Subhanahuwata'ala supaya di permudah dalam urusannya.


Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat di katakan bahwa, setiap manusia pasti mengalami yang namanya stres.Ntah dalam keadaan senggang ataupun dalam keadaan sempit . Namun stres tersebut wajar dan masih bisa di kendalikan jika kita tau bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu mulai sekarang berdoalah dahulu sebelum mau memulai aktivitas kegiatan sehari-hari.Pastikan selalu berfikir positiv dalam setiap kegiatan . Hindari yang namanya overthinking/ berlebihan dalam berfikir,tapi yang perlu di lakukan kerjakan dahulu ,untuk hasil nanti belakangan, yang terpenting lakukan yang terbaik dalam setiap mengerjakan tugas.

Mungkin itu pembahasan dari saya . Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sabtu, 05 Desember 2020

KEKUASAAN DAN WEWENANG

KEKUASAAN DAN WEWENANG

Menjadi orang yang bebas melakukan sesuatu tanpa ada yang menghalangi memanglah enak.Namun jika hal tersebut di lakukan semena-mena tanpa memikirkan apa yang ada di sekitarnya tidaklah baik.Karena hal tersebut dapat merugikan diri sendiri dan terlebih lagi yang ada di sekitarnya. Untuk itu sebagai manusia jika mempunyai kekuasaan dan wewenang gunakanlah kekusaan dan wewenang tersebut dengan bijak. Ya kali ini penulis akan membahas tentang pengertian dan wewenang menurut para ahli.


Pengertian Kekuasaan

Beberapa para ahli menjelaskan pengertian kekuasaan ,diantaranya :

Menurut Rogers Kekuasaan merupakan kemampuan seseorang yang dapat mengubah orang atau kelompok lain dalam cara yang spesifik, sebagai contohnya dalam kekuasaan dan pelaksanaan kerjanya. 

Ossip K Flechtheim berpendapat Kekuasaan sosial merupakan keseluruhan dari kemampuan, hubungan dan proses yang menghasilkan ketaatan dari pihak lain untuk tujuan tujuan yang ditetapkan pemegang kekuasaan.

Ramlan Surbakti mengatakan Kekuasaan adalah kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berperilaku dan berfikir sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi.

Pengertian Wewenang

Beberapa para ahli menjelaskan pengertian kekuasaan ,diantaranya :

Menurut Louis A. Allen dalam bukunya, Management and Organization : Wewenang adalah jumlah kekuasaan (powers) dan hak (rights) yang didelegasikan pada suatu jabatan.

Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya, The Principles of Management : Authority adalah suatu hak untuk memerintah / bertindak.

Menurut G. R. Terry : Wewenang adalah kekuasaan resmi dan kekuasaan pejabat untuk menyuruh pihak lain supaya bertindak dan taat kepada pihak yang memiliki wewenang itu

Kegunaan Kekuasaaan Dan Wewenang

Kekuasaan berguna untuk mengatur dan memberikan keadilan bagi setiap individu maupun organisasi.
Wewenang berguna supaya tiap individu atau organisasi agar selalu ikut patuh dan taat dari apa yang telah di tetapkan sehingga setiap tujuan akan mudah untuk di gapai.

Peran Penting Kekuasaan dan Wewenang Bagi Diri Sendiri

Peran penting kekuasaan dan wewenang bagi diri sendiri yaitu
Mengambil tanggung jawab: memiliki kesalahan, membicarakan tentang bagaimana pribadi belajar darinya dan bagaimana kesalahan tersebut membantu diri sendiri berkembang secara profesional.
Inisiatif:  mengambil tanggung jawab dan menanggapi sesuatu tanpa diminta dari orang lain.
Ketahanan:  kemampuan untuk beradaptasi dan bangkit kembali ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.
Ketegasan : dalam rapat proyek, mendengarkan tetapi juga memastikan bahwa ide-ide terbaik didorong ke depan dengan cara yang sensitif dan konstruktif.
Manajemen waktu:  mendemonstrasikan bagaimana Anda saat ini merencanakan pekerjaan di universitas (misalnya menggunakan buku harian, penjadwal, daftar tugas)

Kesimpulan

Jika seseorang di berikan kepercayaan dalam memegang kekuasaan dan di berikan wewenang maka gunakanlah hal tersebut dengan baik, bijak, dan adil.Tujuannya agar orang yang di sekitarnya bisa mendapatkan keuntungan yang baik juga nantinya tanpa merugikan diri orang lain.


Entri Populer