MENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN DENGAN MODEL JENDELA JOHARI
Sebagai seorang pemimpin memiliki sifat dan sikap keyakinan ,kejujuran dan komunikasi yang baik merupakan suatu keharusan.Tanpa adanya sikap keyakinan ,tidak mungkin bisa mengatasi masalah-masalah yang akan datang.Tanpa adanya kejujuran tidak akan bisa di percaya oleh orang-orang.Tanpa adanya komunikasi yang baik tidak akan bisa memperlancar kinerja.
APA ITU JENDELA JOHARI???
Jendela Johari (1955) dikembangkan oleh Joseph Luft dan Harrington Ingram. Jendela itu dibuat sebagai upaya untuk lebih memahami diri kita sendiri dan hubungan kita dengan orang lain. Mereka menciptakan model di bawah ini:
Penjelasan tentang model johari window
Terbuka - Pada bagian ini berhubungan dengan semua yang diketahui tentang tiap individu .Maksudnya adalah apa yang diketahui oleh individu itu sendiri dan apa yang diketahui tentang mereka oleh kelompok. Informasi yang terbuka dapat berhubungan dengan perilaku, perasaan, pengetahuan, pengalaman atau keterampilan mereka, dll.
Blind Spot - Area ini berhubungan dengan apa yang diketahui tentang tiap individu oleh kelompok, tetapi individu tersebut tidak mengetahui dirinya sendiri.
Tersembunyi - Area ini berhubungan dengan apa yang diketahui tiap individu tentang dirinya tetapi tidak diungkapkan kepada kelompok. Ini bisa terkait dengan perasaan, ketakutan, kepekaan, agenda, atau manipulasi mereka sendiri.
Tidak Diketahui - Bagian ini membahas semua informasi, perasaan, pengalaman seperti kemampuan alami yang tidak diketahui individu yang mereka miliki, dll. Ini tidak diketahui oleh individu atau diketahui oleh kelompok.
MENEMPATKAN JENDELA JOHARI KE DALAM KONTEKS
Memahami premis Jendela Johari mampu dimasukkan ke dalam konteks kepemimpinan. Di bawah ini adalah dua aspek terpenting untuk difokuskan saat menggunakan Jendela Johari untuk pengembangan kepemimpinan.
Saat terlibat dalam percakapan jujur sebagai seorang pemimpin, informasi penting ditempatkan di area terbuka. Para pemimpin ingin orang lain mengetahui detail apa yang relevan untuk memungkinkan mereka membuat keputusan yang tepat atau memahami target yang harus mereka capai. Namun, aspek rumitnya adalah memindahkan informasi dari yang tersembunyi ke tempat terbuka.
MEMINDAHKAN INFORMASI DARI YANG TERSEMBUNYI KE TERBUKA
Mungkin aneh rasanya ingin memindahkan barang-barang yang tersembunyi ke tempat terbuka. Namun, ketika karyawan tidak menyadari apa tujuan atau perhatian seorang pemimpin, seringkali mereka akan menebaknya. Menyembunyikan hal-hal dari karyawan seringkali bermasalah; bagaimana karyawan Anda diharapkan untuk meredakan kekhawatiran Anda ketika mereka tidak menyadarinya? Saat berbicara dengan anggota tim Anda, pertimbangkan untuk membagikan dua informasi penting ini:
1.Prioritas utama Anda dan dalam jangka waktu apa???
2.Masalah yang membuat Anda terjaga di malam hari???
Saat Anda membagikan apa yang Anda pikirkan dengan kolega dan anggota tim, Anda memberi mereka kesempatan untuk menawarkan bantuan mereka.
MEMINDAHKAN INFORMASI DARI BLIND SPOT KE OPEN
Untuk mengembangkan ini, Anda sebagai pemimpin harus menyediakan keamanan dan kepercayaan dalam lingkungan untuk karyawan Anda. Juga dibutuhkan keberanian untuk meminta umpan balik yang jujur, baik dari sudut pandang diri Anda maupun anggota tim Anda. Tujuan Anda harus memiliki titik buta sesedikit mungkin. Dalam pengalaman kami, salah satu metode terbaik untuk memastikan umpan balik jujur yang berkelanjutan adalah dengan sering mengadakan sesi tatap muka dengan bawahan langsung Anda. Dalam sesi-sesi ini, mungkin membantu untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengungkap informasi tentang titik-titik buta Anda:
1.Apa yang harus saya mulai lakukan?
2.Apa yang harus saya berhenti lakukan?
3.Apa yang harus saya terus lakukan?
ALAT PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF
Jendela Johari adalah alat yang efektif untuk membantu mengembangkan kepemimpinan karena memungkinkan seorang pemimpin untuk mengidentifikasi area yang perlu mereka tangani dan masalah yang mereka miliki. Ini bagus untuk membantu menciptakan percakapan yang jujur dalam bisnis dan untuk mendapatkan kemampuan untuk membangun kepercayaan - dua elemen yang tidak dapat dilebih-lebihkan dalam lingkungan bisnis yang produktif. Coba gunakan ini untuk diri Anda sendiri dan lihat seberapa efektifnya.